BERANDA > PROGRAM BUDIDAYA > SOLUSI BOSTER
 
 

SOLUSI BOSTER


WASPADA KEMATIAN MASSAL IKAN BUDIDAYA ANDA . . . !!!
Amati Gejala Penyakit Dan Atasi Semua Kendala Budidaya Bersama BOSTER


>> PENYAKIT NUTRITIF
Terjadi karena kekurangan gizi pada pakan atau gangguan sistem pencernaan ikan itu sendiri. Tubuh ikan kurus ( besar kepalanya ), kembung ( perut membesar ) dan menggantung, berenang lambat pada permukaan serta nafsu makan turun drastis serta pakan yang diberikan dimuntahkan. Untuk mengatasinya, jangan gunakan OBAT atau ANTIBIOTIKA jenis apapun, berikan asupan MULTIVITAMIN tambahan berupa BOSTER PREMIX AQUAVITA dan BOSTER GROTOP untuk meningkatkan nafsu makan, menambah kualitas gizi pada pakan, membantu sistem pencernaan dan memperlancar proses metabolisme tubuh ikan. Dapat pula digunakan BOSTER AMINO LIQUID sebagai rangsangan pakan dengan aroma atracktan yang kuat serta nilai protein tinggi.


>> PENYAKIT MIKOTIK ( JAMUR ) ATAU FOULING ( LUMUT )
P
enyakit karena jamur / cendawan Saprolegnia atau achlia. Jamur ini tumbuh menjadi saprofit pada jaringan tubuh yang mati atau ikan yang kondisinya lemah. Cepat tumbuh dan berkembang jika kondisi perairan keruh, pekat dan kurang sehat.
 Gejala : ikan ditumbuhi sekumpulan benang halus seperti kapas, pada daerah luka atau ikan yang sedang lemah, menyerang daerah kepala tutup insang, sirip, dan tubuh lainnya. Penyerangan pada telur, maka telur tersebut diliputi benang seperti kapas.
 Pencegahan : penyakit ini muncul karena kondisi perairan buruk, air pekat dan terjadi penumpukan bahan organik dalam air kolam, sehingga dijadikan media hidup oleh jamur. Tubuh ikan berjamur / lumut disekujur tubuh atau terjadi perubahan warna pada kulit ( belang-belang ). Untuk pencegahan, gunakan BOSTER BLUE COPPER dengan dosis 0.5 ppm atau 0.5 ml untuk kolam 1 m3 yang bekerja mengurangi populasi jamur parasit, bakteri pathogen atau kuman dan dapat diberikan secara rutin setiap 1 minggu sekali. Selang 3 hari dapat ditebarkan probiotik BOSTER AQUAENZYM untuk menguraikan penumpukan bahan organik dan kepekatan air, menumbuhkan dominasi bakteri menguntungkan sebagai penstabil perairan.

>> PENYAKIT PARASIT
     1. Cacing Ikan
    
Penyebabnya parasit Dactylogyrus dan Gyrodactylus. Kualitas air yang buruk, kurang pakan, kepadatan tinggi, dan perubahan lingkungan mendadak memicu munculnya keluarga cacing itu. Gejala awal ditandai nafsu makan ikan menurun, sering muncul di permukaan air, dan kadang terbaring dengan insang terbuka. Dactylogyrus lebih menyukai insang, Gyrodactyrus menyerang bagian badan dan sirip.
UNTUK LELE :
1. Penyakit cacing Trematoda